Jenis Usaha Sampingan Jual Makanan dan Santapan

usaha sampingan jual makananMakanan merupakan salah satu jenis produk yang tidak pernah akan sepi dari pelanggan. Di setiap tempat, setiap waktu, bahkan apapun makanannya, pasti akan selalu ada yang membelinya, baik dalam jumlah besar atau sedikit. Buat kamu yang merasa ini bisa jadi salah satu peluang usaha, bisa kamu coba nih. Beberapa contoh di bawah ini membuat kamu makin ingin membuka usaha sampingan jual makanan, apalagi jika modalnya bisa terjangkau. Yuk, disimak!

Paket Makanan Pagi/Sarapan

Buat temen-temen kantor atau kampus kamu yang bingung setiap sarapan mau makan apa, kebingungan ini bisa jadi salah satu alasan kuat kamu buat bikin usaha sampingan jual makanan untuk makan pagi alias makanan sarapan! Kamu bisa jajain makanan sarapan pagi ini di depan rumah kamu atau bahkan kamu bungkus makanannya dan tinggal mereka pilih mau beli apa yang ingin mereka makan. Gorengan, kue basah, nasi kuning, nasi uduk, bihun atau mie goreng, bisa kamu bawa dalam satu wadah, dan kamu jajakan di pantry kantor tiap pagi.

Untuk modalnya juga bisa dibilang lumayan terjangkau ya, anggap saja kamu nggak menyiapkan makanan itu sendiri, bisa jadi sekitar Rp2 juta sebulan, dan dihitung dalam 1 minggu ada 5 hari kerja, jadi seminggu kamu bisa menyisihkan Rp500 ribu untuk semua makanan itu. Tetapi jika kamu sendiri yang menyiapkan semua jenis makanan itu, bisa jadi lebih mahal lagi karena bahan yang harus disiapkan juga tambah banyak. Di luar itu semua, kamu harus fokus dengan keuntungan dari hasil jualan tersebut, pastikan saat menjualnya kembali, harganya tidak begitu mahal agar temanmu tetap mau beli tanpa memikirkan atau membandingkan dengan warung di seberang kantor. Yuk, dicoba usaha sampingan jual makanan sarapan ini!

Membuka Warung Kopi

Jika kamu ingin membuka bisnis cafe di kemudian hari, cobalah untuk memulai jenis usaha sampingan ini terlebih dahulu. Yap. Warung kopi adalah sebuah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah cafe. Bagaimana kamu bisa mengatur manajemen waktu dalam menjalankan usaha ini? Buka di warung kopi di malam hari adalah waktu yang tepat karena kamu dapat memantau usaha sampingan tersebut. Selain itu, waktu yang tepat untuk ‘ngopi’ biasanya pada malam hari. Usaha ini sangat cocok bila lokasi usaha terletak di sekitar kampus atau kawasan industri.

Untuk memulai usaha sampingan jual makanan dan minuman kopi ini kamu bisa menyiapkan modal Rp10 juta sudah termasuk untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain. Angka tersebut juga sudah termasuk untuk menyewa tempat apabila rumah tidak bisa dijadikan sebagai tempat berjualan. Penghasilan dari usaha ini juga bisa ditambah dengan menjual gorengan, rokok, mi instan atau minuman lainnya.

Menjual Aneka Kue

Bagi kamu yang menyukai atau memiliki hobi memasak kue, maka ide usaha sampingan jual makanan berupa kue adalah ide yang sempurna. Kamu menghasilkan uang dari kegiatan yang kamu gemari tersebut. Setelah seharian bekerja, kemudian sore harinya setelah pulang dari kantor, kamu bisa menyalurkan hobi membuat kue itu, yang mana bisa dijual pada keesokan harinya di kantor atau kepada tetangga sekitar tempat tinggal. Pastinya menyenangkan jika setiap sore bisa melakukan hobi serta mendapatkan penghasilan pula.

Kue yang dijual bisa dalam bentuk kue basah seperti brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur. Kue kering pun juga tak kalah banyak, misalnya walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat. Sudah tertarik untuk buka usaha sampingan jual makanan jenis kue ini?