Ini Dia, Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil (Bagian 2)

contoh usaha sampinganJika kamu sudah membaca artikel “Ini Dia, Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil (Bagian 1)”, artikel ini merupakan bagian kedua yang bisa kamu intip jika kamu ingin membuka usaha sampingan modal kecil. Berikut ini akan diberikan beberapa contoh usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa langsung kamu jalani tanpa memikirkan hal lain. Penasaran apa saja contoh lainnya? Yuk, coba disimak.

Jasa Penerjemahan

Contoh usaha sampingan ke-6 yang perlu kamu coba misalnya jasa penerjemahan. Jika kamu menguasai satu atau lebih bahasa asing, coba kamu manfaatkan keahlian itu dengan menawarkan jasa penerjemahan! Meskipun memang ada jasa penerjemah profesional yang tersumpah, sebagai pemula, tidak ada salahnya kamu mulai menawarkan jasa menerjemahkan yang ecek-ecek terlebih dahulu, seperti menerjemahkan artikel ringan, skripsi, makalah, dan lainnya. Modal perlengkapan yang perlu kamu siapkan pun relatif murah seperti laptop, koneksi internet, dan printer. Saat kamu mengerjakannnya pun cukup fleksibel, bisa di cafe, di kantor, di rumah, atau di mana pun. Kamu juga bisa mempromosikan jasa penerjemahanmu ini ke situs marketplace yang banyak digunakan misalnya Freelancer dan Sribulancer.

Jasa Pengetikan

Selain jasa penerjemahan, contoh usaha sampingan lainnya yang laku di daerah perkampusan atau sekolah misalnya jasa pengetikan. Tentunya banyak anak sekolah, atau bahkan mahasiswa sendiri yang membutuhkan jasa ini untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka, misalnya tugas makalah, tugas kelompok, dan skripsi. Tanpa modal yang besar, kamu bisa meraup untung yang lumayan dengan hanya mengetik saja, misalnya per halaman atau per kata bisa dipatok harga yang kamu mau, tapi juga harus melihat harga pasaran supaya bisnismu tetap laku. Kamu hanya butuh perlengkapan untuk mengetik yaitu komputer/laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lainnya.

Jasa Makelar Properti

Seperti yang kita semua tahu, properti merupakan salah satu bentuk asset yang selalu naik harganya. Properti menjadi salah satu primadona orang ketika ingin menginvestasikan uangnya dalam bentuk benda terlihat dan tidak bergerak. Nah, di sinilah peran seorang makelar properti dibutuhkan karena pastinya ketika para investor ingin menjual properti mereka, makelar properti bisa menjual dengan harga yang sesuai harapan di pasaran. Tidak ada salahnya membuka peluang menjadi seorang makelar properti. Contoh usaha sampingan yang satu ini tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Kamu hanya perlu membangun relasi, jaringan, dan kepercayaan saja. Jangan pernah bosan untuk terus menambah wawasan anda tentang dunia properti sehingga jaringan dan pengetahuan anda kian bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini.

Menjadi Agen Asuransi

Agen asuransi umumnya memang sering dijadikan profesi sampingan. Hal tersebut dikarenakan bisnis ini tidak mengikat, tidak butuh modal, namun memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi. Tentu ini sangat menarik, ditambah lagi penghasilan yang sangat proporsional. Artinya, jika Anda ingin punya penghasilan yang tinggi, anda juga harus kerja keras dan sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar juga.

Bagi yang ingin berkarir di sini, ada tahapan pengembangan diri lebih lanjut. Tak jarang sebuah usaha sampingan yang sukses bisa berlanjut ke karir yang lebih baik, agen asuransi juga termasuk yang seperti itu. Agen asuransi yang berprestasi biasanya mendapatkan kesempatan berkembang dengan diberikan berbagai macam training maupun kesempatan studi banding ke berbagai tempat di seluruh dunia.

Jasa Titip Beli

Nah, untuk contoh usaha sampingan lainnya yang sedang naik daun dilakukan orang-orang kini misalnya jasa titip beli alias jastip. Hal ini cukup mudah dilakukan karena usaha ini berbasis online. Cara kerjanya pun cukup praktis, kamu hanya perlu membelikan produk pesanan yang ingin dibeli pelanggan, kemudian kamu kiirimkan lagi dengan tambahan ongkos kirim. Modal usaha ini terbilang less risk, tetapi bisa mendapatkan untung besar hingga jutaan rupiah. Usaha sampingan ini juga dikenal dengan istilah personal shopper atau pebelanja pribadi. Media sosial pun menjadi media pemasaran jasa titip beli seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Kamu hanya perlu secara spesifik menjelaskan peraturan yang harus diikuti oleh setiap orang yang ingin menitipkan belanjanya, misalnya dengan DP atau transfer uang penuh terlebih dahulu, tidak ada hit and run, dan lainnya.