Ini Dia, Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil (Bagian 1)

usaha sampingan modal kecil bagian 1Ada beragam usaha yang bisa kamu mulai, dari yang modalnya kecil hingga yang membutuhkan uang besar untuk membuatnya, mulai dari menyediakan produk jualan berupa barang atau jasa, atau bahkan keduanya, juga bagaimana kita bisa memanfaatkan jaringan internet untuk menguasai pasar di dunia maya yang lebih jauh jangkauannya. Semua itu bisa kamu lakukan jika diiringi kesungguhan hati, ide yang menarik atau out of the box. Pada artikel ini, akan terdiri atas dua bagian, bagian pertama ini akan disebutkan beberapa ide usaha sampingan modal kecil dengan mengandalkan jasa sebagai tumpuan utamanya. Penasaran apa saja contohnya? Yuk, coba disimak.

Laundry Kiloan

Sebenarnya ide praktis untuk usaha sampingan modal kecil ini berawal dari kehidupan masyarakat yang menginginkan semuanya serba dikerjakan dengan cepat, instan, dan tidak banyak memerlukan tenaga. Seperti yang kita tahu, kegiatan mencuci pakaian menjadi suatu hal yang cukup menjemukan jika dikerjakan sendiri (apalagi jika tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga). Hal ini yang mendasari adanya usaha sampingan modal kecil yang cukup menguntungkan, dengan mendapatkan pola pikir  dari masyarakat seperti, “daripada menghabiskan waktu untuk mencuci pakaian, saya lebih pilih laundry saja.”

Tentunya kamu jangan asal membuka usaha ini, kamu juga harus tahu siapa saja yang lebih berpotensi untuk dijadikan pangsa pasar usaha sampingan modal kecil ini, misalnya di daerah perumahan yang banyak diisi karyawan swasta atau pegawai negeri, kos-kos mahasiswa, atau di tempat yang belum tersedia jasa laundry pakaian.

Nah, untuk memulai usaha ini, kamu tentunya ingin tahu kan berapa uang yang dikeluarkan? Eits, jangan kaget, karena hanya bermodal Rp7,5 juta saja, kamu sudah bisa membuka usaha sampingan modal kecil ini lho! Modal tersebut digunakan setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci dua tabung otomatis, satu tabungnya untuk menggiling dan satu tabungnya lagi untuk mengeringkan, sedangkan setengah modalnya lagi untuk membeli peralatan dan perlengkapan pendukung  seperti misalnya timbangan, plastik laundry, dan setrika. Oh, iya, jika kamu bukan orang yang akan langsung menjalani bisnis ini sendiri, kamu tentu memerlukan karyawan untuk membantumu, jadi siapkan juga uang gajinya saat kamu akan memulainya, ya.

Jasa Tempat Cuci Motor dan Mobil

Pasti kamu sering sekali melihat tempat cuci motor dan mobil di pinggir jalan dan setiap harinya selalu ramai pelanggan, terutama pada waktu weekend, kan? Nah, jasa steam motor dan mobil ini memang sangat digandrungi karena keuntungan yang sudah pasti didapatkan. Hal tersebut disebabkan karena sebagian besar orang yang memiliki kendaraan nampaknya lebih memilih untuk membersihkan motor atau mobilnya di tempat jasa cuci profesional dibandingkan capai-capai mencucinya sendiri.

Jangan salah, modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha sampingan modal kecil ini juga relatif terjangkau, bagi pemula, ada baiknya kamu mulai untuk usaha cuci motor terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menyiapkan tempat yang cukup luas untuk mencuci, pompa air, kain lap, kompresor, sabun  untuk motor, dan perlengkapan semir ban motor. Semua kebutuhan tersebut bisa didapatkan dengan dana yang cukup kecil, minimal Rp2 juta saja untuk jasa cuci motor sederhana atau Rp10 juta maksimal jika kamu ingin membikin usaha sampingan jasa cuci motor dan mobil yang lebih profesional. Pengeluaran tersebut biasanya dikeluarkan untuk sewa tempat di pinggir jalan sebesar Rp2 juta, beli peralatan Rp5 juta, dan biaya operasional tempat cuci termasuk gaji pegawai sebesar Rp3 juta. Murah, bukan?

Jasa Desain Grafis

Kamu jago desain atau bahkan menggambar? Jadikan ini sebagai usaha sampingan modal kecil, karena kamu sudah punya modal utama yang paling penting, yaitu punya kemampuan yang gak semua orang miliki. Meskipun misalnya pekerjaan utamamu adalah seorang grafis desainer, kamu bisa menawarkan desain atau jasamu ke teman atau saudara yang membutuhkan desainmu, kamu juga bisa menjual jasamu di platform jualan seperti marketplace dan Instagram. Jasa desain grafis ini sangat laku di Indonesia, misalnya untuk membuat desain kartu nama, undangan, logo, baju kaos, maskot, dan lain-lain.

Usaha sampingan modal kecil ini tidak membutuhkan uang yang banyak, kamu hanya cukup sedia dengan koneksi internet yang lancar dan stabil, serta keterampilan gambar dan desainmu. Jangan lupa untuk selalu belajar meningkatkan kualitas jasa layanamu, agar jasa desainmu disukai karena keunikan dan ciri khasnya. Kunci sukses dari usaha sampingan ini yaitu produk desain yang kreatif dan unik, serta pengerjaan yang sesuai dengan permintaan alias tepat waktu. Semangat!

Les Privat

Membuka usaha sampingan les privat? Siapa takut! Apalagi ini banyak dilakukan oleh mahasiswa yang ingin menambah pendapatannya atau sekadar ingin memenuhi kebutuhan bayaran kuliah, dan yang paling penting, tidak hanya mengandalkan pemberian orang tua. Kamu bisa memulai usaha sampingan modal kecil ini dengan menyebarkan informasi broadcast message melalui berbagai platform media sosial, menyebarkan flyer, atau bahkan memberitahu mouth-to-mouth kepada setiap kenalan yang kamu pikir berpotensial jadi murid.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha sampingan les privat ini relatif sedikit uangnya. Jika kamu menjadi guru les privat yang mendatangi ke rumah murid berarti kam hanya perlu biaya transportasi. Jika kamu menyediakan tempat di rumah untuk les privat, yang kamu butuhkan misalnya papan tulis atau whiteboard, kapur dan spidol, penghapus, serta alat peraga yang mendukung cara pengajaranmu terhadap satu atau beragam pelajaran yang kamu tentukan.Kira-kira, kamu hanya akan menghabiskan uang sebesar Rp1-2 juta rupiah saja lho! Oh iya, jangan lupa, untuk tarif les bisa kamu tentukan berdasarkan mata pelajaran yang kamu ajarkan juga pasaran biaya les yang ada di sekitaran tempatmu.

Jasa Menjahit Pakaian

Suka menjahit pakaian? Usaha sampingan modal kecil ini tampaknya cocok kamu lakukan di sela-sela waktu luang pekerjaan utamamu. Untuk usaha ini, tahap awal yang sebaiknya kamu lakukan yaitu memanfaatkan perlengkapan yang sudah ada dengan modal minim, misalnya kamu bisa membeli mesin jahit bekas dan tidak perlu baru, yang penting masih dalam kondisi layak pakai dan berfungsi dengan seharusnya. Uang minimal yang dikeluarkan untuk beli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan jahit pakaian lainnya sekitar dua jutaan rupiah saja.  Untuk permulaan, kamu bisa mencari pelanggan dari orang-orang sekitar kamu yang kiranya berpotensi untuk dijadikan pelanggan, jika jasa jahitanmu sudah mulai dikenal orang banyak, kamu bisa merekrut karyawan yang mahir menjahit juga agar membantu usaha sampingan modal kecil milikmu ini sustainable.