Faktor Penyebab Usaha Sampingan Gagal

usaha sampingan kecilUsaha sampingan yang kita jalani memang hanya sekadar sampingan, tetapi risiko yang kita hadapi sama besarnya dengan bisnis yang berjalan pada umumnya. Bahkan bisnis kecil pun terhitung punya risiko gagal yang hampir sama besarnya dengan bisnis yang telah settle bertahun-tahun. Nah, kira-kira apa saja alasan yang membuat usaha sampingan kecil bisa terbilang gagal? Dengan beberapa faktor dan alasan di bawah, kamu tentu bisa secara cermat menghindari hal-hal ini demi kelangsungan bisnis sampinganmu walau hanya berskala kecil, yuk baca!

Prioritas yang Ditentukan Ternyata Salah

Memang, membuka usaha sampingan kecil bukan merupakan sebuah prioritas atau pekerjaan dengan gaji utama. Meskipun begitu, jika kamu mempertahankan pekerjaan utama sambil masih mengembangkan bisnis kecil sebagai sampingan, kamu sebaiknya harus cermat. Banyak kegagalan bisa terjadi pada usaha sampingan kecil ini akibat ambisi awal yang terlalu menggebu, seperti ingin cepat sukses dan besar, sehingga usahanya dalam menjalani usaha sampingan kecil bisa menjadi sama besar porsinya atau mungkin lebih besar dari pekerjaan utamanya.

Kamu bisa jadi kadang memaksakan diri mengambil banyak pesanan dalam usaha sampingan kecil ini dan menjadi lupa diri bahwa kamu masih menjadi seorang karyawan. Hal inilah yang mengakibatkan hilangnya fokus dan kamu menjadi kurang maksimal dalam menjalankan usaha, sehingga muncullah komplain dari pelangganmu. Lebih baik kalau kamu tidak terlalu terpaku pada usaha sampingan kecil milikmu atau paling tidak, sesuaikan tingkat usaha sampinganmu dengan kemampuan dan keterbatasan waktu yang ada saat itu.

Salah Menetapkan Kebutuhan yang Seharusnya

Ketika memulai usaha sampingan kecil, tidak disadari kadang kamu akan  terbuai pada hal yang ternyata tidak penting. Kamu bisa saja salah dalam menetapkan kebutuhan yang diperlukan, seperti sudah membuka usaha besar saja Nah, di sini kamu harus bisa teliti dan pandai memilih apa saja keperluan yang memang dibutuhkan usaha sampinganmu. Akan lebih baik tentunya jika usaha sampingan kecil yang baru dibuka fokus pada promosi pemasaran, pasokan bahan baku atau material agar bisa selalu ada, perizinan tempat, dan sebagainya plus membuat sebuah konsep bisnis yang kuat dan mumpuni.

Pola Pikir yang Keliru

Pola pikir yang keliru banyak menyebabkan gagalnya sebuah usaha sampingan kecil, hal ini disebabkan karena adanya anggapan bahwa apa saja yang dijual pasti akan ada yang beli. Pada bagian pemasaran dan pengembangan produk yang baik juga salah satu aspek yang biasanya tidak dipikirkan secara matang, sehingga cenderung ceroboh dalam hal mengeluarkan uang.

Perencanaan dan Pengaturan Bisnis yang Kurang Matang

Perencanaan dan pengaturan bisnis baik untuk usaha besar maupun usaha sampingan kecil, sebaiknya harus dipikirkan dan digodok dengan rapi dan matang. Rencana yang matang dan rapi ini bisa berupa membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang, seperti visi dan misi usaha, mendaftarkan kontak untuk jaringan berpotensial dan sejenisnya. Hal ini agaknya penting dilakukan untuk membantu kamusaat mengembangkan usaha sampingan kecil, karena saat perencanaanmu sudah matang di awal, tentunya usahamu akan bisa berkembang sesuai dengan perencanaan tanpa perlu mengubah ini dan itu yang membutuhkan banyak waktu.