Aktivitas Positif yang Bisa Anda Lakukan Bersama Anak

aktivitas positifMelihat peluang serta proses tumbuh kembang anak bisa dipengaruhi oleh peran orangtuanya. Pola pengasuhan dan pengajaran yang perlu diperhatikan untuk memberikan karakter dan kepribadian yang terbaik bagi buah hati. Anda bisa mengisi akhir pekan bersama dengan anak-anak mengerjakan aktivitas positif. Bukan hanya kegiatan yang menyenangkan, tetapi bisa menjadi sebuah edukasi. Yuk, mulai dari beberapa aktivitas berikut ini:

1. Berkebun menanam sayur atau tanaman

Sudah pernah mencoba cara ini di rumah dengan anak Anda? Aktivitas positif ini hanya membutuhkan beberapa tanaman, alat berkebun dan lahan. Jika tidak memiliki lahan atau pekarangan rumah yang luas, bisa memanfaatkan pot bunga atau beberapa sudut rumah. Bisa dengan menanam sayur dan buah kesukaan atau hanya sekedar tanaman hias. Anak bukan hanya dituntut untuk teliti, tetapi membangun kesabaran anak bagaimana ia rutin menyiram air dengan baik. Anak akan melihat pentingnya sebuah usaha atau tindakan untuk mencapai sebuah harapan di dalam hidup ini.

2. Kerja bakti di rumah

Kemudian coba lakukan aktivitas positif dengan kerja bakti bagi anggota keluarga. Membersihkan dalam ruangan rumah atau halaman rumah, dengan tingkat yang tidak terlalu berat bagi anak. Kerja bakti yang wajar dilakukan untuk anak-anak adalah latihan menyuci piring, merapihkan pakaian dan kamar, menyapu dan sebagainya. Anak belajar dari aktivitas ini bahwa pekerjaan menjadi lebih ringan dikerjakan jika satu keluarga saling tolong menolong.

3. Memancing atau bermain bersama

Pernah mengajak anak memancing? Aktivitas positif memancing akan sangat menarik untuk anak. Bisa dilakukan saat sedang berlibur di pemancingan dekat rumah atau di tempat wisata. Mengajarkan anak tentang kesabaran juga bisa menyenangkan seperti ini. Selain memancing mungkin Anda bisa menemani anak melakukan kegiatan yang ia sukai seperti bermain bola atau bersepeda keliling rumah.

4. Nonton bersama anak

Di era serba digital ini terkadang orangtua cepat mengambil keputusan untuk memberikan anak smartphone atau tablet. Padahal jika orangtua bisa memberikan rasa kasih sayang dengan menyempatkan waktu menonton bersama keluarga. Menonton acara televisi kesukaan anak, mengajak anak nonton di bioskop dengan film yang sesuai umurnya dan lain-lain. Hindari tontonan yang cenderung dapat berpengaruh negatif.

5. Makan bersama

Salah satu kunci aktivitas positif yang bisa meningkatkan rasa sayang anak terhadap orangtuanya adalah dengan makan bersama. Sebisa mungkin jangan biarkan anak makan sendiri, ajak semua anggota keluarga. Mengetahui makanan kesukaan anak juga penting bagi anak dan orangtua dalam memberikan bentuk perhatian yang sederhana.