5 Tips Menggunakan E-Money dengan Aman

Cara Kirim Uang

Fasilitas e-Money telah hadir di Indonesia dari tahun 2009 silam. Namun, baru ramai digunakan beberapa waktu belakangan ini. Menggunakan e-Money ini bisa dibilang praktis, fleksibel dan bisa digunakan oleh berbagai kalangan. Nilai uang dalam e-Money akan berkurang dengan otomatis bila konsumen telah menggunakannya sebagai alat pembayaran. Untuk menghindari berbagai kerugian, tips-tips menggunakan e-Money ini sebaiknya Anda lakukan.

1. Mencari Tahu Kelebihan dan Kekurangan E-Money

Penerbit kartu e-Money pada umumnya adalah bank-bank multinasional dengan skala yang besar. Sebelum Anda menggunakan e-money, ada baiknya jika Anda mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari fasilitas yang disediakan terlebih dahulu. Contohnya, beberapa kartu e-Money hanya bekerja sama dengan merchant-merchant terpilih, sehingga transaksi akan ditolak jika tempat tersebut tidak memiliki sebuah kerja sama dengan bank penerbit e-Money.

2. Isi Saldo Secukupnya

Pemerintah baru saja menerapkan sistem pembayaran tol secara otomatis melalui mesin GTO dengan menggunakan e-Money. Karena masih bisa dibilang baru, beberapa mesin tersebut kadang mengalami gangguan saat membaca kartu Anda. Bisa saja saldo justru terpotong dua kali lipat atau lebih dari jumlah nominal yang seharusnya Anda bayarkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak perlu mengisi saldo secara berlebihan.

Selain itu, jumlah nominal yang tertera di dalam kartu tidak dapat ditarik kembali layaknya uang tabungan Anda. Histori transaksi pun tidak bisa dipantau dengan baik, jadi apabila terjadi kesalahan perhitungan, Anda tidak tdapa melakukan klaim pada pihak mana pun termasuk ke bank penerbit kartu tersebut.

3. Jangan Asal Meminjamkan e-Money

Menggunakan e-Money tentu tidak bisa terlepas dari berbagai upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mulai dari meminjam e-Money di gerbang tol dengan alasan saldo telah habis, hingga penipuan yang dilakukan oleh supir taksi online kepada para penumpangnya. Meminjamkan e-Money Anda sebaiknya dihindari apabila melihat resiko yang dapat terjadi. Jika kamu masih ingin membantu, turunlah dari kendaraan dan lakukan sendiri pembayaran di gerbang tol.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *