5 Cara Cari Modal Bisnis Sampingan

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Beberapa pekerja kantoran tidak merasa puas dengan gaji bulanan yang dimiliki. Karyawan harus memutar otak untuk menambah pemasukan. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan bisnis sampingan.

Beberapa diantaranya memerlukan modal bisnis yang jumlahnya tidak sedikit. Masalah modal seperti ini seringkali menjadi penghalang bagi karyawan untuk memulai bisnis. Namun, selalu ada jalan keluar untuk segala jenis kesulitan.

1. Menabung

Cara pertama yang sangat umum sekali dilakukan untuk mendapat modal bisnis tambahan adalah dengan menabung. Cobalah untuk menyisihkan sebagian gaji bulanan ke dalam deposito atau instrumen investasi sampai jumlahnya cukup untuk memulai usaha. Dengan bersandar pada modal sendiri, beban Anda akan terasa lebih ringan karena tidak harus bertanggung jawab pada pemberi pinjaman.

Masalahnya, Anda butuh waktu lama untuk menabung uang demi modal bisnis. Anda bisa saja kehilangan momen dan kesempatan untuk memulai bisnis di saat yang tepat. Jadi, jangan lupa untuk menentukan tenggat waktu sebelum memulai menabung untuk modal bisnis. Kemudian, Anda harus disiplin untuk mencapai target tersebut.

2. Menjual atau Menggadaikan Aset Pribadi

Salah satu “pengorbanan” yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal bisnis tambahan adalah menjual aset pribadi kepada teman, melalui media sosial, atau situs jual beli online. Menjual emas, perabotan atau barang elektronik yang sudah jarang dipakai tapi masih bernilai bisa menjadi pilihan Anda sebagai permulaan.

Namun, jika masih “sayang” menjual emas yang sudah dikumpulkan selama ini, Anda dapat menggadaikannya saja. Anda dapat menebusnya kembali setelah memiliki keuntungan dari hasil bisnis sampingan. Apabila belum bisa menebus saat jatuh tempo, Anda dapat memperpanjang waktu gadainya.

3. Menggandeng Rekan Bisnis

Kalau tabungan modal belum cukup juga, cobalah untuk menggandeng seorang teman untuk dijadikan sebagai rekan bisnis. Carilah teman yang sekiranya memiliki minat usaha yang sama, atau rekan yang sudah menggeluti bisnis terlebih dahulu.

Cobalah untuk menawarkan beberapa bentuk kerja sama kepada calon rekan bisnis. Anda bisa meminta teman menjadi investor saja atau ikut aktif dalam membangun usaha bersama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *