4 Tips Manajemen Keuangan untuk UKM

uang-digital
Uang Digital

Manajemen keuangan tidak hanya berbicara soal bagaimana sebuah usaha dapat mengelola kas, tapi bagaimana sebuah perusahaan mampu mengelola kekayaan untuk dapat menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal tersebut untuk membiayai usaha. Meski terlihat sederhana, pengusaha kecil dan menengah perlu menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan. Berikut ini adalah beberapa tips manajemen keuangan bagi UKM.

Rencanakan Penggunaan Uang

Sesuaikan rencana pengeluaran yang ingin diterapkan dengan target-target penjualan dan penerimaan kas. Lakukan evaluasi secara rutin terhadap rencana-rencana belanja yang menggunakan modal, jika tidak memberikan keuntungan dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya-biaya. Lakukan analisa “untung-rugi” untuk dapat meyakinkan bahwa penggunaan uang perusahaan tidak akan sia-sia dan memberikan return yang menguntungkan.

Buat Pencatatan Keuangan

Walaupun usaha UKM yang Anda jalankan masih dalam perkembangan, namun untuk manajemen keuangan tidak cukup apabila dikelola berdasarkan ingatan saja, melainkan dengan catatan yang lengkap dan detail. Minimal, sebuah usaha wajib untuk memiliki buku kas yang mencatat keluar masuknya uang. Lakukan pencocokan saldo dengan catatan keuangan usaha untuk mengontrol arus kas dan pastikan tidak ada satupun perhitungan yang tertinggal. Untuk membantu melakukan pencatatan keuangan, Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi online yang dapat membantu manajemen keuangan Anda. Dengan aplikasi, Anda hanya perlu mencatat seluruh transaksi usaha dan aplikasi tersebut akan menyediakan seluruh laporan keuangan yang bisa Anda dapatkan secara instan, mulai dari laporan kas, neraca, laba-rugi, perubahan modal, hingga laporan stok barang dan berbagai aset perusahaan.

Hitung Pembiayaan dengan Benar

Menghitung keuntungan dengan tepat itu sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Namun yang sering terlupakan dari penghitungan keuntungan ini adalah kesalahan terkait pencatatan pengeluaran biaya yang dikeluarkan perusahaan. Jika perusahaan memiliki kesalahan pencatatan pembiayaan, maka secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh besar pada kesalahan perhitungan keuntungan yang didapat. Ada tiga hal pembiayaan yang harus diketahui dan dihitung secara cermat, yaitu pembiayaan yang sedang terjadi, pembiayaan yang akan datang, dan pembiayaan akibat adanya penyusutan.

Putar Arus Kas Lebih Cepat

Manajemen keuangan itu meliputi bagaimana Anda mengelola utang, piutang, dan persediaan barang dagangan. Ada banyak usaha mengalami kesulitan kas meski catatan mereka menunjukkan angka yang cukup bagus. Perhatikan perputaran arus kas, karena putaran kas akan terus melambat jika termin penjualan kredit ternyata lebih lama ketimbang masa restock atau penambahan barang dagangan. Usahakan untuk seimbangkan perputarannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *