3 Hal Ini Bikin Milenial Menumpuk Utang

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Sudah bukan rahasia lagi bila generasi milenial senang sekali menumpuk utang dengan jumlah yang besar.

Banyak milenial yang sering sekali mengeluh kekurangan uang. Setelah gajian, uangnya terpakai untuk hiburan sementara kebutuhan hidupnya belum terpenuhi. Kembali lagi gajian, uang dipakai untuk hiburan, dan terus mengulang.

Berikut ini adalah tiga hal yang menyebabkan milenial menumpuk utang :

1. Kopi

Sudah menjadi kewajiban bagi generasi milenial untuk memesan es kopi saat sedang nongkrong bareng teman-teman. Sebut saja beberapa merek kopi yang terkenal, seperti Starbucks yang selalu ramai dikunjungi oleh kawula muda.

Padahal harga kopi ini cukup mahal. Setara dengan harga satu hingga tiga makanan berat di warteg sederhana.

Milenial Amerika pun juga sama. Penduduk Amerika menghabiskan sekitar USD 1.100 setiap tahunnya hanya untuk membeli kopi. 30 persen lebih besar apabila dibanding jumlah investasi yang dilakukan.

2. Sepatu

Seringkali para wanita tidak bisa menahan keinginan untuk menghabiskan uang hanya untuk membeli sepatu saja.

Sebenarnya kita hanya butuh empat jenis sepatu: sendal, sepatu olahraga dan dua sepatu untuk bekerja. Jika Anda sering bepergian secara formal belilah satu sepatu formal.

Lebih dari itu, Anda hanya menghamburkan uang saja. Harga satu sepatu juga sangat menghabiskan uang saku bulanan, yaitu berkisar Rp 300 hingga Rp 500 ribu per pasangnya. Wajar saja hal ini bisa memaksa para millennials untuk menumpuk utang.

3. Jeans

Jangan membeli jeans lebih dari tiga buah. Karena sebenarnya seseorang hanya butuh memiliki 1 jeans hitam, 1 jeans putih, dan 1 jeans berwarna original.

Harga satu celana jeans berada diantara Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribu. Selain jeans, pakaian lainnya juga menjadi favorit para milenial untuk menghabiskan uangnya. Padahal sama halnya seperti sepatu, hanya beberapa saja yang mereka gunakan.

Bila Anda memilih untuk menekan pengeluaran terhadap tiga hal ini, Anda akan menghemat sekitar 10 persen gaji Anda yang bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya atau bisa juga disimpan sebagai tabungan. Tidak perlu lagi menumpuk utang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *