3 Etika Bisnis yang Wajib Diterapkan Pebisnis

uang-digital
Uang Digital

Dalam berbisnis, tidak hanya harus menyiapkan modal dan ide yang unik saja. Setiap pebisnis juga tentunya dituntut untuk dapat bersikap profesional serta menjaga etika dengan baik dalam berbisnis. Meskipun penting, namun masih banyak orang yang mengabaikan etika bisnis, bahkan ada saja orang yang belum mengetahui mengenai etika yang berlaku. Padahal hal ini bisa menjadi modal yang bagus demi keberlangsungan dan keberhasilan berbisnis.

Etika bisnis adalah standar nilai yang kemudian menjadi pedoman ataupun acuan untuk pengambilan keputusan serta mengoperasikan bisnis dengan baik. Dengan menjalankan etika berbisnis, tentu ada manfaat yang bisa diraih.

Selain bisa menciptakan nilai atau value creation yang tinggi bagi perusahaan, etika berbisnis juga dapat mempertahankan loyalitas stakeholder saat membuat keputusan-keputusan di dalam perusahaan serta dapat menyelesaikan persoalan yang terjadi di dalam perusahaan.

Agar dapat dicapai, tak ada salahnya koreksi pribadi masing-masing menyoal etika bisnis yang baik dan benar. Anda bisa lihat dari beberapa etika bisnis berikut ini.

1. Perkenalkan Diri dengan Baik

Saat ingin berkenalan dengan rekan kerja yang baru, sebaiknya hindar dengan posisi saat sedang duduk. Tak ada salahnya berdiri terlebih dahulu dengan posisi yang baik saat perkenalan. Dengan demikian akan membuat kesan bahwa kehadiran Anda semakin terasa serta berpengaruh dibandingkan hanya duduk sambil memperkenalkan diri.

Jangan lupa saat memperkenalan diri, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Selain itu, beri tahu juga nama lengkap Anda kepada seluruh karyawan, terkecuali jika nama lengkap Anda terlalu panjang ataupun Anda biasa dikenal dengan sebutan atau nama lainnya. Etika bisnis ini menjadi salah satu yang penting untuk diterapkan.

2. Berjabat Tangan

Selalu tawarkan untuk berjabat tangan saat bertemu pada siapapun orang yang Anda kenal. Jangan sungkan-sungkan untuk julurkan tangan Anda saat bertemu rekan kerja, atasan, tamu atau klien. Sikap sederhana juga sangat berpengaruh pada nilai etika bisnis Anda. Maka, mulailah untuk membiasakan diri melakukan hal tersebut.

3. Perhatikan Penampilan

Jangan pernah mengabaikan penampilan, sebab ini adalah hal yang sangat perlu diperhatikan. Penampilan sudah menjadi poin utama yang dinilai, untuk itu perhatikan penampilan Anda dari atas hingga bawah sebelum berangkat ke kantor. Sesuaikan penampilan Anda dengan lingkungan kantor, jangan sampai pakaian yang Anda gunakan tidak tepat yang pada akhirnya membuat kepercaya dirian anda menghilang. Ada pepatah lain yang menyebutkan jika lebih baik untuk overdressed dibandingkan underdressed.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *