3 Alasan Mengapa Kita Sulit Menabung

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Menabung setiap bulan memang sudah menjadi sesuatu yang wajib dilakukan agar arus keuangan tetap teratur dan bisa digunakan sebagai dana darurat. Walaupun hal ini telah diketahui oleh banyak orang, sayangnya masih saja ada orang-orang yang sulit menabung dengan berbagai alasan. 

Berikut ini adalah 3 alasan mengapa kebanyakan orang jadi sulit untuk menabung :

Selalu Menyisakan Bukan Menyisihkan Tabungan

Akan lebih baik jika kita langsung menyisihkan uang untuk ditabung di saat kita menerima gaji. Sisihkan sekitar 10-20% dari total gaji untuk langsung ditabung. Sayangnya, banyak orang yang justru kurang memprioritaskan anggaran untuk menabung. Banyak dari kita yang mengalokasikannya untuk keperluan lain terlebih dahulu, walaupun sebenarnya pengeluaran tersebut tidak begitu penting. Dampaknya akan terlihat yakni tidak ada lagi uang yang dapat dimasukkan ke rekening tabungan. Sangat disayangkan, bukan? Untuk menghindarinya, ingatlah untuk langsung menyisihkan uang terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Gaya Hidup yang Terlalu Tinggi

Tingginya gaya hidup juga sering kali menjadi alasan mengapa sulit menabung. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang penghasilannya tidak terlalu tinggi, namun terbiasa menggunakan produk-produk dari brand ternama. Uang yang seharusnya ditabung ujung-ujungnya harus terpakai membeli produk mahal yang menyebabkan  sulit menabung. Untuk mengatasi sulit menabung, cobalah untuk mempertimbangkan kembali perlu/tidaknya membeli barang serta mencari produk pengganti lainnya dengan kualitas serupa dan harga yang lebih murah.  Sehingga Anda bisa menyisihkan uang di awal dan tetap bisa memenuhi kebutuhan tanpa perlu memaksakan diri menggunakan produk bermerk.

Tidak Bisa Menahan Diri Saat Berbelanja

Sulit menabung juga bisa terjadi karena tidak bisa menahan diri saat berbelanja. Kebiasaan window shopping di mall bisa menjadi pemicu terbesar untuk berbelanja secara impulsif, ditambah lagi jika barang yang dijual sedang mendapatkan diskon besar-besaran. Seperti yang disebutkan di poin pertama, ada baiknya untuk langsung menyisihkan saja uangnya dan langsung ditabung. Jika Anda sudah mengatur keuangan untuk keperluan bulanan lainnya dan uangnya masih tersisa, barulah Anda boleh menggunakannya untuk dibelanjakan hal-hal lainnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *